Thursday, August 20, 2020

Tahukah Anda, 5 Permainan Seru Ini Dapat Melatih Motorik Anak


Anak merupakan mahluk yang sangat unik, dimana setiap waktunya ia akan menunjuukan sesuatu yang berbeda. Hal ini disebabkan karena anak sedang dalam fase tumbuh dan kembang. Salah satu hal yang dapat berkembang di masa anak-anak adalah kekuatan motorik anak, baik motorik kasar ataupun halus.  

Kekuatan motorik ini sangat erat kaitannya dengan gerak anak dalam aktifitas kesehariannya. Jika motorik ini tidak berkembang dengan baik maka kelak anak akan mengalami beberapa hambatan dalam aktifitasnya seperti kaku dalam menulis. Oleh karenanya melatih motorik ini sangat penting dilakukan sejak dini. Tahukah Anda motorik dapat terlatih dengan melakukan beberapa permainan berikut ini.


Menggambar 

Menggambar sudah sangat dikenal sebagai kegiatan yang dapat meningkatkan daya imaginasidan kreatifitas anak. Namun tahukah anda menggambar juga ternyata dapat meningkatkan kekuatan motorik anak. Karena saat anak memegang pesil ataupun alat gambar lainnya dapat melatih keenturan otot dan koordinasi mata.

Mewarnai 

Sama seperti menggambar, mewarnai juga mampu meningkatkan kekuatan motorik anak. Hal ini disebabkan ketika anak mewarnai dan berusaha tidak menggoreskan warna keluar objek, ia tengah melatih kemampuan koordinasi mata dan otot tangannya. 

Bermain Lilin lunak (playdoh) 

Playdoh merupakan permainan menyenangkan. Playdoh dimainkan dengan cara membuat berbagai bentuk dengan menggunakan lilin yang lunak. Pada proses pembentukan ini aanak akan meremas, memilin, membentuk bola-bola dan berbagai kegiatan lainnya langsung menggunakan tangan dan itu akan melatih motorik nya. 

Origami 

Origami merupakan seni melipat kertas. Permainan ini dilakukan dengan cara melipat kertas warna warni menjadi berbagai bentuk yang unik dan lucu. Pada saaat melakukannya tangan anak akan terlatih untuk melipat dengan benar dan lurus agar sesuai dengan kebutuhannya. Pada proses tersebut, kemampuan motorik anak akan terlatih dengan baik. 

Itulah beberapa permainan yang dapat meningkatkan kekuatan motorik anak. Agar lebih optimal Anda juga dapat memberikan makanan tambahan berupa susu dengan nutrisi dan komposisi yang tepat yaitu Dancow. 


No comments:

Post a Comment