Wednesday, September 13, 2023

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil dengan Pola Makan



Kaki bengkak merupakan salah satu kondisi umum yang terjadi pada ibu hamil. Kaki bengkak saat hamil merupakan hal yang lumrah, asalkan tidak disertai dengan pendarahan, sakit kepala, dan kondisi lain yang membuatnya semakin parah.

Kondisi tersebut bahkan bisa Anda atasi sendiri dengan mengubah pola makanan, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Berikut ini kami sudah merangkum sejumlah tipsnya di bawah ini:

1.  Mengonsumsi Air Mineral Lebih Banyak

Salah satu faktor penyebab kaki bengkak pada masa kehamilan yaitu karena penumpukan cairan. Meski begitu, Anda tetap diperbolehkan, bahkan disarankan untuk mengonsumsi air lebih banyak. Fungsinya yaitu untuk merangsang kerja ginjal dalam menyaring zat beracun yang ada di dalam tubuh.

2.  Mengurangi Asupan Kopi

Minum kopi sesekali sebenarnya tidak ada salahnya bagi para ibu hamil. Namun sebaiknya Anda menguranginya, terutama jika sudah muncul tanda-tanda kaki membengkak. Kafein pada kopi memiliki sifat diuretik yang bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan urin.

3.  Meningkatkan Konsumsi Potasium atau Kalium

Potasium atau kalium merupakan kandungan yang penting saat Anda mengalami kaki bengkak pada masa kehamilan. Nutrisi tersebut bisa menjaga keseimbangan jumlah cairan di dalam tubuh, yang seperti kami jelaskan sebelumnya, cairan adalah salah satu penyebabnya. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tersebut yaitu seperti salmon, pisang, ubi, kentang, pisang, bayam dan lainnya.

4.  Menghindari Asupan Sodium

Pada masa kehamilan, pastikan Anda membatasi atau bahkan menghindari asupan sodium yang berlebih. Pasalnya, garam bisa membuat tubuh menahan lebih banyak cairan. Selain itu, pastikan juga Anda menghindari makanan kaleng, dan makanan yang diproses dengan kandungan sodium.

Dengan mengubah pola makan, maka Anda bisa mencegah atau bahkan mengatasi kaki bengkak pada masa kehamilan. Selain itu, pastikan Anda juga tidak terlalu lama berdiri karena bisa menyebabkan sakit pada bagian kaki.

Jika Anda sedang mempersiapkan kelahiran, pastikan Anda juga mempersiapkan perlengkapan si kecil, salah satunya yaitu MAKUKU SAP Diapers. Popok dari MAKUKU ini bisa mencegah ruam dan nyaman di kulit.

Itulah informasi seputar tips mencegah dan mengatasi kaki bengkak saat hamil dengan mengubah pola makan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment