Monday, January 8, 2018

Perkembangan Motorik Anak Sesuai Dengan Usianya


Perkembangan motorik anak kasar mengacu pada keterampilan fisik yang menggunakan gerakan tubuh besar, biasanya melibatkan keseluruhan tubuh. Balita yang bahagia antara usia 2-3 tahun, harus bisa mengembangkan kemampuan untuk berlari dan melompat. Anak-anak seusia ini dapat berpartisipasi dalam melempar dan menangkap permainan dengan bola yang lebih besar. Mereka juga bisa mendorong diri mereka sendiri dengan kaki sambil duduk di atas mainan berkuda.

Sedangkan perkembangan motorik anak yang berusia 3 sampai 4 tahun dapat memanjat tangga. Mungkin mereka akan menggunakan kedua kaki bersamaan pada setiap langkah sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Sebaliknya, orang dewasa menempatkan satu kaki pada setiap langkah secara berurutan. Namun, anak kecil mungkin masih memerlukan bantuan untuk mencegahnya jatuh jika mereka menjadi tidak stabil dalam keterampilan baru ini.
Anak-anak seusia ini juga akan bingung saat sudah waktunya turun tangga. Mereka cenderung berbalik dan bergeser menuruni tangga ke belakang. 3 sampai 4 tahun bisa melompat dan melompat lebih tinggi karena otot kaki mereka tumbuh lebih kuat. Sebagai orang tua Anda harus membuat anak-anak melakukan banyak kegiatan untuk mendukung perkembangan motorik anak. Selain menemaninya bermain, Anda juga harus memberikan Dancow karena susu pertumbuhan yang mengandung banyak nutrisi dan multivitamin.

Pada usia 3 sampai 4 tahun, anak-anak mengembangkan mobilitas tubuh bagian atas yang lebih baik. Akibatnya, kemampuan menangkap dan melempar mereka meningkat dalam kecepatan dan akurasi. Selain itu, mereka biasanya bisa memukul bola stasioner dari tee dengan pemukul. Seiring peningkatan koordinasi seluruh tubuh, anak-anak di usia ini dapat menjajakan dan mengarahkan sepeda roda tiga. Mereka juga bisa menendang bola yang lebih besar yang diletakkan langsung di depan tubuh mereka.

Pada usia 4 sampai 5 tahun, anak-anak dapat naik turun tangga sendirian dengan gaya orang dewasa yakni naik dengan satu kaki pada anak tangga. Anak-anak seusia ini juga bisa melompati dan menambahkan spin ke lemparan mereka. Mereka juga memiliki kontrol lebih saat mengendarai sepeda roda tiga dan bisa mengendarai lebih cepat. Selama usia 5 sampai 6 tahun, anak-anak terus memperbaiki keterampilan sebelumnya. Mereka berlari lebih cepat dan bisa mulai naik sepeda dengan roda latihan untuk stabilitas tambahan.

No comments:

Post a Comment