Sunday, April 12, 2020

Mencegah Malnutrisi yang Efektif

malnutrisi
Para Bunda mungkin sudah tidak asing dengan istilah malnutrisi atau sebutan lainnya adalah ketidakseimbangan gizi. Biasanya ini terjadi pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan gejala ini mengintai di segala jenjang usia, bahkan lansia sekalipun.
Apa penyebabnya?

Ketidakseimbangan gizi merupakan suatu yang harus dihindari, sebelum menghindari ada baiknya kita mengetahui dahulu penyebab dari penderita malnutrisi ini

1. Pola makan yang tidak baik


Tentu saja pola makan menjadi faktor yang sangat penting. Kebutuhan gizi yang tidak seimbang bisa terjadi karena pola makan yang buruk. Yang seharusnya pemenuhan gizi terpenuhi dengan makanan yang tepat, tetapi malah tidak ternutrisi karena makan yang tidak teratur.

(source:https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1564554071/attached_image/kenali-penyebab-anak-kurang-gizi-dan-gejala-awal-yang-timbul.jpg)

2. Asupan makan yang tidak bernutrisi


Disadari atau tidak, makan banyak belum tentu berarti terpenuhinya keseimbangan nutrisi dan gizi. Bukan tergantung seberapa banyak yang dimakan, tetapi seberapa besar gizi dan nutrisi yang terkandung pada makanan. Makan banyak boleh, namun harus juga disesuaikan dengan nutrisinya.

3. Energi yang masuk tidak disesuaikan dengan energi yang keluar


Banyak dari kita yang terlalu sibuk menghabiskan waktu untuk bekerja sehingga melewatkan jam makan. Padahal energi yang kita keluarkan untuk bekerja harus pula dibarengi dengan energi yang masuk. Sebaliknya, ada juga yang banyak menambah energi, tetapi tidak ada aktivitas yang mengeluarkan energi tersebut. Akibatnya makanan yang dikonsumsi akan terus disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

4. Sistem pencernaan yang terganggu


Tidak bisa dipungkiri, kondisi tubuh yang tidak dapat menyerap makanan dengan baik akan mempengaruhi terpenuhi atau tidaknya nutrisi. Seberapa baik pun pola makan kita, jika tubuh tidak bisa bekerja sama dengan baik maka akan cenderung susah.

5. Kurangnya asupan ASI


Bahkan bayi pun bisa mengalami malnutrisi. Penyebabnya karena ASI yang tidak terpenuhi. Banyak para ahli yang setuju bahwa ASI sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi bayi.

Cara menghindarinya


Cara untuk menghindari malnutrisi sebenarnya tidak sulit, kita hanya perlu mengatur pola makan yang baik, mengobati tubuh yang tidak sehat, serta memenuhi asupan gizi. Pemenuhan asupan ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein, seperti produk dari Nestle yang membantu pemenuhan gizi bagi yang kekurangan. Kita juga bisa mengetahui tips kesehatan dari Nestle, serta bisa membuat makanan sendiri dengan resep yang sudah disediakan oleh web Nestle.

No comments:

Post a Comment