Thursday, November 23, 2023

Mengungkap Peran Nyata Content Marketing Untuk Kemajuan Sebuah Bisnis

Content Marketing

Meski dibilang masih baru, content marketing merupakan salah satu istilah strategi pemasaran yang sangat besar efeknya terhadap pertumbuhan sebuah bisnis modern. Ini bukanlah suatu klaim semata, melainkan para pebisnis yang sudah menjalankan strategi ini, terbukti bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Mau tahu apa saja keajaiban yang bisa diciptakan oleh strategi digital marketing yang satu ini? Simak penjelasannya di bawah ini : 

  • Mengenal Content Marketing

Sebelum lebih jauh, mari kita telusuri lebih dulu definisi dari content marketing ini. Konten marketing ini sendiri merupakan salah satu strategi bisnis via digital, yang memiliki ruang lingkup dalam proses kreatif pembuatan sebuah konten yang berkualitas. 

Setelah konten dibuat, maka akan berlanjut ke tahapan selanjutnya, yakni proses pendistribusiannya ke berbagai saluran digital yang tepat. 

  • Seperti Apakah Bentuk Konten Marketing Ini? 

Untuk memberikan gambaran bagi Anda tentang konten marketing ini, bisa Anda simak beberapa diantaranya sebagai berikut: 

  • Pembuatan Artikel

Salah satu contoh penerapan strategi konten marketing yang ampuh ini adalah, dengan membuat artikel yang berisikan tentang informasi atau tips-tips yang relevan dengan ranah sebuah bisnis. 

Sebagai contoh, Anda bisa melihat bagaimana produsen komputer seperti ASUS, yang membuat artikel tentang  bagaimana caranya bermain game tanpa merasakan lagging.

Ditengah akhir artikelnya, mereka akan menyisipkan atau memperkenalkan produk komputer buatan mereka yang khusus buat bermain game, agar tidak ada gangguan ketika melakukan permainan video game. 

  • Product Review

Meski sama-sama berwujud dalam bentuk tulisan, product review ini lebih mengacu tentang pendeskripsian tentang sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah brand. 

Dengan menyuguhkan informasi yang detail serta berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh brand tersebut, setidaknya akan menjawab rasa penasaran audiens, serta akan lebih memantapkan diri untuk melakukan pembelian. 

  • Video

Pembuatan promosi dalam bentuk video tidak akan pernah gagal dalam menarik perhatian calon target audiens. Apalagi kalau videonya dibuat dengan konsep yang jelas, kualitas gambar dan suaranya yang bagus, sudah pasti itu akan jadi nilai tambah bagi citra sebuah brand. 

Pembuatan konten marketing berbentuk video ini menjadi begitu terasa menjanjikan dengan sudah semakin banyak media penyalurnya. Seperti diantaranya ada platform digital youtube, tiktok, dan lain sebagainya. 

Kelebihan Menjalankan Strategi Konten Marketing

Adapun berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh pembuatan konten marketing ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan menyajikan konten yang informatif, menghibur atau memiliki manfaat, sejatinya akan meningkatkan kesadaran merek bagi sebuah brand. Konten dengan isi yang berbobot dan relevan, akan lebih mudah dalam menciptakan kesan positif terhadap sebuah bisnis. 

  • Meningkatkan Keterlibatan Hubungan dengan Konsumen

Konten yang dikemas secara menarik, akan beriringan dengan terciptanya keterlibatan hubungan yang kuat dengan target audiens. Dengan terciptanya komunikasi dua arah, brand bisa secara langsung terlibat dengan konsumennya, membangun bonding yang lebih kuat, serta dapat menjawab segala keluh kesah mereka. 

  • Menciptakan Retensi Pelanggan

Konten yang dibuat secara konsisten dan terus memberikan nilai tambah bagi para konsumen, akan memungkinkan terjadinya retensi pelanggan. Sebab dengan tumbuhnya rasa dihargai serta keterlibatan yang mendalam bagi konsumen ini, mereka akan cenderung tetap setia terhadap sebuah brand.   

Dan seperti itulah kiranya pembahasan tentang content marketing ini yang perlu Anda ketahui. Kalaupun Anda merasa kesulitan untuk menjalankan strategi digital marketing yang satu ini, maka bisa mengandalkan jasa dari digital agency terbaik saat ini, yakni Ideoworks. 




No comments:

Post a Comment