Monday, November 6, 2023

Penyebab Dan Cara Mengatasi Impetigo Pada Anak



Masa anak-anak adalah masa yang sangat rentan sekali terkena penyakit, ini biasanya disebabkan oleh kondisi lingkungan dan kondisi metabolisme kekebalan tubuh anak sendiri. Salah satu penyakit yang sering menyerang anak yaitu impetigo, ini merupakan sebagai salah satu infeksi kulit umum yang sering kali terjadi. 

Impetigo sebagai salah satu penyakit yang menular di kulit disebabkan oleh infeksi bakteri, penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja namun lebih sering dialami oleh bayi dan anak-anak. biasanya kehadiran penyakit ini akan sering membuat anak jadi rewel karena merasa gatal. Sehingga kalau ini tidak ditangani, akan menyebabkan infeksi yang lebih parah. Tidak hadir begitu saja, penyakit ini juga memiliki penyebab dalam kehadirannya.

Penyebab Impetigo pada Anak

Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi bakteri, seperti bakteri Streptococcus dan Staphylococcus. Penyakit ini akan menular dan terjadi pada saat anak melakukan sentuhan langsung dengan penderita, atau bisa juga terjadi melalui benda-benda yang sudah terkontaminasi dengan bakteri, contohnya seperti mainan, pakaian ataupun air yang kotor. 

Dari faktor luar yang sering menjadi penyebab terjadi penyakit yang satu ini karena cuaca yang lembab, serta daya tahan tubuh yang lemah, diabetes, dermatitis atopik ataupun adanya alergi kulit serta luka pada kulit contohnya yaitu goresan atau gigitan serangga.

Nah kemudian bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ini caranya bisa Anda cek disini.

Cara Mengatasi Impetigo pada Anak

Penyakit ini perlu untuk Anda konsultasikan ke dokter, sesudah memantau kondisi kulit anak, dokter biasanya akan memberikan resep obat antibiotic yang berbentuk salep, tablet, ataupun sirup. Obat tersebut memiliki fungsi untuk membasmi kuman sebagai penyebab infeksi di kulit.

Kalau dokter memberikan resep antibiotik untuk si kecil, maka Anda pastikan biasanya bunda memberikan sesuai dosis dan sampai habis. Selain itu biasanya dokter biasanya juga memberikan obat untuk meredakan gatal, contohnya yaitu seperti antihistamin atau bedak kocok caladine. Selama dalam proses penyembuhan sebaiknya anak  dijauhkan dari pencetus alergi, seperti debu, asap rokok, ataupun makanan tertentu.

Nah itulah mengenai penyebab dan cara mengatasi impetigo pada anak, dan untuk memberikan anak tetap nyaman setiap hari selalu gunakan MAKUKU.

No comments:

Post a Comment