Sunday, December 18, 2016

Cara Mendidik Anak Agar Tumbuh Cerdas



Banyak orang tua yang ingin mengetahui tentang bagaimana cara yang tepat dalam menjadikan anak yang cerdas. Untuk hal tersebut maka berbagai cara mendidik yang benar dan tepat perlu dilakukan agar anak cerdas. Kecerdasan disini bukan hanya sebatas kemampuan akan otaknya tetapi juga menjadikan sosok anak yang baik dalam bersikap, berkata, dan mempunyai sopan-santun dalam berbagai aktivitas kesehariannya.

Dalam membentuk anak cerdas maka cara mendidik yang dilakukan juga harus sesuai dengan ajaran kebaikan dan kebenaran yang berlaku baik secara agama atau peraturan dalam masyarakat. Lantas bagaimana cara mendidik yang baik agar anak cerdas, berikut ini diantara yang dapat anda lakukan.

Mengajarkan anak tentang tanggung jawab dan mandiri. Cara pertama yang dapat dilakukan agar anak cerdas yaitu dengan memberinya keyakinan untuk selalu bertanggung jawab. Selain itu latih mereka dalam berlaku mandiri misalnya dengan memberi kepercayaan anak anda dengan apa yang mereka lakukan. Untuk hal ini pemantauan tetap diperlukan namun bukan berupa pengekangan.

Tumbuhkan akan kemampuan berpendapat anak. Untuk anak bisa cerdas selanjutnya dapat dilatih dengan ia berani berpendapat. Oleh karena itu anda sebagai orang tua harus dapat menghargai akan pendapat dari anak anda. Jangan sampai anda mengacuhkan pendapatnya hanya karena salah, koreksi pendapatnya jika memang salah dengan cara yang baik.

Berikan tauladan yang baik. Untuk tauladan yang baik sebagai orang tua tentunya harus bisa menjadi contoh terbaik bagi anaknya. Ini karena orang tualah yang setiap hari bertemu dengan anaknya, sehingga apa yang dikatakan atau diperbuat oleh orang tua maka anak akan mengikutinya.

Tumbuhkan rasa ingin tahu anak. Saat anak-anak mereka mempunyai rasa ingin tahu yang begitu besar. Si kecilpun biasanya akan banyak bertanya terhadap hal baru yang ia lihat sehingga membuatnya menjadi banyak bertanya. Jika mereka banyak bertanya maka anda sebagai orang tua sebaiknya mencoba menjawab akan pertanyaan mereka dengan sebaiknya. Akan tetapi saat tidak tahu jangan mencoba untuk membohonginya karena hal tersebut akan selalu diingatnya.