Tuesday, October 6, 2020

Cara Mendidik Karakter Anak Usia 3 Tahun

Proses belajar manusia memang begitu panjang, bagaimana tidak, hal ini dimulai dari baru bayi, balita, remaja, dewasa hingga meninggal. Pada usia 3 tahun anak mulai tertarik dan mulai belajar banyak hal baru. Mereka mulai mendapatkan informasi dari orang sekitar, informasi yang mereka dapat tidak akan pernah dicerna mana yang benar dan salah. Dan disinilah tugas orang tua untuk mendidik mereka. Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mendidik anak usia 3 tahun. Hasil dari didikan orang tua akan berimbas pada karakter anak. Berikut cara mendidik karakter anak sejak dini:

Konsisten

Menjadi orang tua yang konsisten adalah cara mendidik anak usia 3 tahun untuk tujuan akhir membentuk karakter mereka. Anak akan selalu bercermin dan melihat orang tuanya, sehingga untuk mendidik anak hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendidik diri sendiri. 

Memberikan Pendidikan Keagamaan

Apapun agama yang orang tua anut, orang tua harus memberikan pendidikan agama anaknya sedini mungkin. Di dalam agama anak akan diajarkan mempercayai Tuhan, takut pada Tuhan dan taat kepada Tuhan. Hal ini nantinya akan membentuk karakter anak.

Input yang Diterima

Dengan membiasakan anak melakukan hal-hal yang baik maka sampai anak besar pun nantinya juga masih akan terbiasa dan ingat. Kebiasaan yang biasa dilakukan sewaktu kecil akan menjadi kebiasaan ketika dewasa. Hal ini nantinya akan menjadi pengingat bagi mereka apabila melakukan perbuatan yang menyimpang.

Memahami Doktrin Bahwa Anak adalah Peniru Handal

Sebelum menerapkan cara membentuk karakter anak, orang tua harus mengetahui doktrin bahwa anak peniru yang handal. Anak sangat mudah meniru dan belajar, oleh sebab itu buatlah media atau tontonan sebaik mungkin. Anggota keluarga lainnya juga harus berperilaku sebaik mungkin.

Tidak Terlalu Memanjakan

Anak memang harus dimanja tetapi dengan takaran yang tepat. Tidak semua hal yang diinginkan anak harus dipenuhi. Berikan apa yang dibutuhkan anak bukan apa yang diinginkan anak. 

Itu tadi 5 cara mendidik anak usia 3 tahun yang juga bisa membentuk karakter anak.

No comments:

Post a Comment