Sunday, December 23, 2018

Bahan Pengawet Makanan atau Zat Aditif Alami

Bahan Pengawet Makanan
Bahan zat adiktif dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu zat aditif alami dan juga zat aditif buatan atau sintetis. Zat aditif alami lebih aman penggunaannya karena terbuat dari bahan-bahan alam yang aman untuk dipergunakan sebagai Bahan Pengawet Makanan ataupun minuman. Berbeda dengan zat adiktif sintetis yang dibuat melalui proses laboratorium maupun industri dari bahan-bahan kimia. Ada juga bahan adiktif sintetis yang dipergunakan sebagai bahan pengawet yang aman jika penggunaannya sesuai dengan ketentuan atau takaran yang dibutuhkan. 

Berikut ini ada beberapa zat adiktif alami mulai dari pewarna, pemanis, pengawet, penyedap, penambah aroma, yang bisa Anda pergunakan sehari-hari dari bahan alami.
Bahan Pengawet Makanan
  • Untuk zat pewarna, Anda bisa menggunakan wortel, kunyit, daun suji atau daun pandan, tinta cumi, atau dari bahan buah yang memiliki warna untuk makanan. Penggunaan zat pewarna alami ini sangat aman digunakan dan tidak mengandung efek samping bagi kesehatan karena bahannya pun terbuat dari bahan alami.
  • Pemanis, jika Anda ingin membuat sirop atau bahan makanan dan minuman manis, sebaiknya menggunakan bahan alami, seperti gula aren, gula pasir atau gula tebu, madu, gula jawa, karena bahan pemanis alami ini aman juga untuk digunakan. Tapi, bagi penderita diabetes sebaiknya penggunaan pemanis alami ini dikurangi atau dihindari.
  • Bahan pengawet, kalau Anda ingin mengawetkan makanan atau minuman di rumah, sebaiknya gunakan Bahan Pengawet Makanan yang terbuat dari bahan alami, seperti garam dapur, bawang putih, asam cuka, karena penggunaannya yang aman untuk dikonsumsi dan dijadikan sebagai bahan pengawet.
  • Penyedap makanan, sehari-hari Anda tentu tahu beberapa penyedap makanan alami lebih baik daripada penyedap makanan instan, beberapa penyedap rasa yang bisa Anda pergunakan adalah garam dapur, bawang putih, cabe merah, adalah jenis penyedap makanan yang enak dan aman.
  • Pemberi aroma, jika menggunakan aroma makanan dengan bahan alami lebih aman dan sehat, seperti daun jeruk, vanili, daun pandan dan serai. Bahan tersebut sering digunakan untuk memberikan aroma wangi pada makanan atau masakan.
Nah, itulah beberapa zat adikif atau Bahan Pengawet Makanan, penyedap, pewangi makanan yang aman dan juga dari bahan alami yang baik untuk digunakan.

No comments:

Post a Comment