Sunday, August 13, 2017

Motivasi Bagi Anak Supaya Rajin Belajar

Motivasi Bagi Anak Supaya Rajin Belajar

Semua orang tua tentu saja menginginkan agar anaknya tumbuh cerdas. Kecerdasan anak tentunya tidak tumbuh begitu saja, akan tetapi perlu diasah dan dilatih dengan baik oleh orang tua sebagai orang yang bertanggung jawab langsung terhadap perkembangan anak. Menjadi cerdas merupakan hasil dari belajar, oleh karena itu sebagai orang tua harus menyemangati anak supaya rajin belajar. 

Akan tetapi sebagai anak tentu saja mengalami berbagai kondisi sehingga kebiasaan anak tidak mau belajar. Ada berbagai cara untuk memberikan motivasi anak supaya rajin belajar. Berikut merupakan cara yang baik untuk memotivasi anak supaya rajin belajar.

Berikan motivasi dan sedikit pujian
Berikan sedikit pujian yang mampu memotivasi anak supaya rajin belajar, seperti kamu hebat, kamu anak yang cerdas dan lain sebagainya sehingga anak mampu menerima dan bersemangat untuk belajar. Sedikit motivasi sebagai salah satu pendorong supaya anak mau belajar seperti memberikan iming-iming hadiah yang ringan saja seperti memberikan makanan dan lain sebagainya sebagai imbalan jika nilai yang dihasilkan bagus.

Memberikan penjelasan manfaat belajar
Pemberian penjelasan kepada anak manfaat dari pada belajar, sedikit berbeda dengan penjelasan terhadap orang tua tentunya. Dengan bahasa kita kepada anak dengan situasi yang santai seperti malam hari ketika mau tidur.

Menjadi contoh yang baik
Orang tua tentunya harus memberikan motivasi dan selalu menyemangati kepada anak. Akan tetapi hal itu kurang cukup, tentu saja perlu menjadi contoh yang baik supaya anak mencontoh kita sebagai orang yang rajin dan mau belajar.

Berikan dongeng yang bersangkutan dengan pintar
Memberikan motivasi supaya anak mau rajin belajar salah satunya adalah dengan memberikan ia dongeng seperti dongeng si kancil yang cerdik dan lain sebagainya yang sejenis agar anak termotivasi supaya ingin pintar.

Tumbuhkan pada anak rasa ingin tahu
Memberikan pemahaman terhadap perkembangan anak dengan penanaman rasa ingin tahu dengan pemberian beberapa contoh dari orang tua. Dengan sedikit sentuhan yang baik pada contoh salah satunya dengan pemberian teka teki yang ringan dan menyenangkan sehingga memberikan rasa ingin tahu pada anak menjadi tinggi.

Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah salah satu tanggung jawab dari orang tua. Dengan memberi semangat untuk rajin belajar merupakan ciri orang tua yang memperhatikan anak. Bila perlu berikan asupan nutrisi yang tepat pada anak untuk menunjang kecerdasan otaknya. Selalu berikan makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna dan memberikan susu yang baik seperti susu Dancow khusus anak yang diformulasikan khusus untuk perkembangan si buah hati untuk tumbuh tumbuh sehat dan cerdas.

No comments:

Post a Comment