Sunday, November 24, 2019

Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli dengan Palsu

Perhiasan Berlian Asli
Memiliki perhiasan adalah keinginan dan hasrat bagi setiap kaum perempuan. Terlebih, jika perhiasan tersebut merupakan jenis perhiasan yang menggunakan berlian asli. Perhiasan berlian asli menawarkan segudang keunggulan dibandingkan perhiasan biasa. Selain kecantikan kilaunya yang memukau, berlian juga memiliki nilai investasi. Itulah alasan kenapa banyak orang menginginkannya.

Perhiasan Berlian Asli
Namun, tidak semua berlian di pasaran itu asli. Beberapa di antaranya ada yang palsu yang dijual oleh para penjual nakal. Agar tidak terjebak dengan jenis berlian palsu, berikut kami paparkan cara membedakannya:

1. Melalui Alat Digital

Dewasa ini, ada sebuah alat digital yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian nya. Cukup dengan menempelkan nya saja, kita bisa tahu dari indikator pada alat tersebut. Berlian asli akan menunjukan indikator melalui lampu yang nyala. Selain itu, alat tersebut akan berbunyi jika ditempelkan pada berlian.

Alat ini memungkinkan siapa saja untuk bisa mengetahui keaslian nya. Umumnya, penjual berlian terkemuka memiliki alat tersebut. Sehingga, Anda tinggal memintanya saja untuk membuktikan keaslian nya.

2. Membakarnya

Cara ini terdengar sedikit ekstrim. Cara ini hanya boleh dilakukan pada berlian milik Anda. Jika Anda ragu pada berlian yang dibeli, Anda bisa mencoba membakarnya dengan api kecil. Jika berlian tersebut meleleh, atau berubah bentuk karena terbakar, maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut palsu.

Berlian adalah jenis batuan. Jadi, jika dibakar tidak akan meleleh dan berubah bentuk. Bentuknya akan tetap seperti itu meskipun terkena api.

3. Tidak Akan Rusak dan Tergores

Berlian hanya akan tergores dengan berlian lainnya. Berlian adalah batu terkeras di muka bumi. Jadi, berlian tidak akan cacat meskipun digosok dengan benda tajam atau tumpul. Bahkan, berlian tidak akan tergores meskipun Anda menggosoknya menggunakan amplas.

Agar berlian tidak tergores oleh berlian lainnya, maka perhiasan harus memiliki tempatnya masing-masing.

4. Tenggelam di Dalam Air

Sifat berlian sama dengan batu pada umumnya. Berlian adalah batu yang berisi. Cobalah masukkan berlian ke dalam gelas yang berisi air. Sejatinya, berlian asli akan langsung tenggelam ke dasar gelas. Sedangkan berlian palsu akan mengambang atau berada di bagian tengah gelas.

Tips Agar Tidak Salah Membeli Perhiasan Berlian

Mengingat harganya yang mahal, tentu akan menjadi sebuah kerugian jika Anda salah membelinya. Agar tidak salah membeli, berikut akan kami paparkan tipsnya:

1. Pilih Toko Perhiasan Terkemuka

Pastikan Anda membeli perhiasan berlian dari brand dan toko perhiasan terkemuka. Mereka akan memberi jaminan keaslian untuk Anda. Di tempat terkemuka juga, Anda bisa mendapatkan pelayanan yang baik.

2. Minta Penjual Membuktikan Keaslian nya

Seperti yang telah kami singgung di atas, kebanyakan toko perhiasan sudah memiliki alat untuk mengetahui keaslian berlian. Mintalah mereka menunjukan keaslian nya.

3. Minta Penjual Menunjukan Sertifikat

Keaslian berlian juga dapat dilihat dari sertifikat GIA yang dimilikinya. Tanyakanlah sertifikat pada penjual. Jika berlian bersertifikat, maka sudah tidak perlu diragukan kembali kualitasnya.

4. Tanyakan Kualitas Berlian

Tanyakan kualitas berlian kepada penjual. Kualitas berlian umumnya menggunakan hitungan rumus 4C (clarity, color, cutting, carat). Semakin bagus kualitasnya, semakin tinggi juga harganya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan mana perhiasan berlian asli dan mana yang palsu. Cara di atas dapat membantu Anda agar mendapatkan perhiasan berkualitas terbaik yang terjamin keaslian nya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang berencana untuk membelinya.


No comments:

Post a Comment